-->

Cara Mudah Agar Blog Diterima Adsense


Blog saya diterima sepenuhnya oleh adsense untuk menayangkan iklan ketika baru berumur 1 bulan 20 hari dan jumlah postingan baru 18. Sebelumnya pernah 3 kali ditolak karena dianggap belum memenuhi syarat yang ditetapkan oleh google adsense. Penolakan itu dikirim oleh google adsense melalui email yang menyatakan bahwa: permohonan ditolak karena konten tidak memadai. Di dalam email penolakan tersebut juga disertai saran berupa penjelasan tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk memperbaiki blog. Sarannya adalah sebagai berikut:
  • Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui
  • Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
  • Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
  • Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
  • Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.
  • Jika Anda ingin memonetisasi video YouTube, ajukan permohonan untuk program monetisasi YouTube. Perhatikan bahwa blog dan situs web yang hanya berisi video tidak akan disetujui.
Meskipun sudah 3 kali ditolak oleh google adsense, saya tetap semangat ngeblog sambil memperbaiki blog dan mengaturnya sedemikian rupa seperti yang sudah dijelaskan oleh google adsense melalui surat yang dikirim. sebaik-baiknya, menulis postingan sebagus yang saya mampu sesuai saran di atas.

Tepat 1 bulan 20 hari terhitung sejak saya membuat blog, saya mendapat email dari google adsense yang memberitahu bahwa blog saya disetujui untuk menayangkan iklan. Beberapa email yang dikirim oleh ke saya:

Dari beberapa email yang masuk bisa dilihat:
  1. Tanggal 4 April 2018 saya membuat email, daftar blog, dan sekaligus beli domain.
  2. Tanggal 5 Mei 2019, 1 bulan lebih 1 hari terhitung sejak saya membuat blog, pertama kali saya daftar google adsense. Tanggal ditolak sebanyak 3 kali tanggal 14, 17 dan 22 Mei 2018.
  3. Tanggal 24 Mei 2018 blog saya disetujui oleh google adsense untuk menayangkan iklan. Isi pesannya adalah:
"Selamat!
Akun Anda kini telah disetujui sepenuhnya.
Selamat datang di AdSense! Kami berharap agar kemitraan ini dapat berhasil dan terjalin dalam waktu lama. 
Jika Anda memilih untuk menampilkan iklan segera setelah akun diaktifkan, Anda akan mulai melihat iklan yang relevan dalam beberapa jam dan dapat mulai menghasilkan uang dari konten online Anda. Jika Anda tidak melihatnya, buka halaman "Iklan saya" di akun AdSense untuk mengaktifkan iklan yang ingin ditampilkan.
Ingat, Anda dapat menambahkan kode iklan untuk menampilkan iklan pada halaman atau situs baru yang sesuai dengan kebijakan program kami kapan saja."

Kenapa blog saya disetujui oleh google adsense dalam waktu 1 bulan 20 hari? Yang tahu alasan tepatnya kenapa blog saya disetujui adalah google sendiri. Banyak blog yang disetujui lebih cepat dari blog saya tapi banyak juga yang bertahun-tahun dengan jumlah postingan lebih dari 100 baru ditsetujui, bahkan ada yang tidak pernah disetujui.

1. Platform Blog
Platform blog yang saya gunakan adalah blogger.com. Saya memilih blogger, atau yang dulu disebut blogspot, karena saya hanya bisa membuat blog dari platform tersebut, untuk membuat blog dari platform yang lain saya belum bisa. Blogger saya anggap paling mudah.

2. Email
Email yang saya gunakan untuk mendaftar blogger.com adalah gmail. Saya memilih gmail karena email ini milik google sama dengan blogger yang juga milik goolge yang diakuisisi dari Pyra Labs sejak tahun 2003. Domain yang saya gunakan juga milik google.

3. Tema blog
Tema yang saya gunakan adalah Easy Blog Free Version dari MS Design. Tema tersebut saya unduh gratis dari internet. Tema tersebut saya edit sesuai keinginan saya. Misalnya di sidebar sebelah kanan saya hanya memasang widget popular pos dan recent pos.

4. Menu di blog
Nama-nama menu di blog semua menggunakan kata yang saya ambil dari nama blog. Waktu blog saya berjudul harihariguru.com, menunya antara lain: Info Guru, Administrasi Guru, Referensi Guru, Cerita Guru. Namun sekarang blog itu sudah saya pakai karena domainnya tidak diperpanjang oleh google.

5. Postingan blog
Ketika blog saya disetujui oleh google adsense jumlah postingannya belum banyak, hanya 17 dan semua saya terbitkan tidak ada yang saya simpan di draf. Panjang postingan lebih dari 300 kata bahkan ada beberapa postingan yang panjangnya lebih dari 1.000 kata. Semua postingan yang saya tulis bertemakan guru dan di dalam postingan tersebut banyak menulis kata guru, sesuai dengan judul dan nama menu di blog. Selain tulisan, di postingan-postingan itu juga saya sertakan gambar dan video. Video yang saya sematkan di postingan adalah video dari akun youtube saya.

6. Domain
Seperti yang telah saya tulis di poin 2, domain yang saya gunakan adalah google domain yang saya beli sesaat setelah blog selesai saya buat. Ketika blog masih kosong belum ada postingannya, TLD (Top Level Domain) dari google domain tersebut sudah saya pasang. Jadi, dari awal saya menulis postingan, blog saya sudah tidak memakai kata blogspot lagi.

7. Membagikan postingan
Postingan yang saya tulis di blog juga saya bagikan kepada teman-teman saya. Saya membagikannya lewat media sosial WhatsApp. Hanya menggunakan WhatsApp saja tidak menggunakan media sosial lain seperti facebook dan lainnya. Kalau saya bagikan di beranda atau group facebook saya khawatir dilaporkan oleh orang lain karena mengganggu dan sebagainya.


Bagi blogger, diterima/diapprove oleh google adsense merupakan kebahagiaan tersendiri. Banyak blogger yang mendambakan blognya dipercaya oleh google adsense untuk menayangkan iklan. Kebanggaan itu muncul karena dengan diterimanya sebuah blog oleh google adsense membuktikan blog tersebut sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

Namun perjuangan tidak berhenti sampai di sini. Masih panjang waktu untuk mendapat gaji dari google adsense. Untuk mendapat gaji dari google adsense masih harus melewati tahap-tahap lain.