-->

Cara Menghubungkan Blog dengan Akun Adsense yang Sudah Dimiliki


Menghubungkan adsense yang sudah dimiliki dengan blog biasa disebut dengan menambahkan situs. Hal ini biasanya dilakukan oleh pemilik akun adsense yang memiliki web/blog lebih dari satu. Jadi, kalau kita punya banyak blog, kita tidak usah mendaftarkan adsense untuk tiap blog karena 1 akun adsense boleh ditambahkan beberapa situs. Katanya bisa sampai 500 situs. Saat ini di akun adsense saya ada 4 blog. Satu orang, oleh google, dilarang memiliki 2 akun adsense atau lebih. Bila larangan itu dilanggar, google adsense tidak segan-segan menutup semua akun adsense yang kita miliki.

Bagaimana kalau kita daftar adsense memakai nama yang berbeda dengan akun adsense yang kita miliki? Bisa saja, asalkan ketika verifikasi identitas, setelah pendaftaran kita diterima, kita bisa menunjukkan identitas sesuai nama yang kita pakai pada saat pendaftaran. Identitas ini dibuktikan dengan scan SIM, KTP, atau Paspor yang masih aktif masa berlakunya. Itu artinya nama yang kita gunakan untuk daftar akun adsense harus benar-benar ada orangnya, orang tersebut masih hidup, dan belum pernah memiliki akun adsense.

Kalau kita pikir-pikir, buat apa memiliki akun adsense lebih dari satu kalau satu akun adsense saja sudah bisa digunakan untuk banyak blog. Kecuali bagi orang yang jualan akun adsense. Sangat riskan kalau kita memiliki lebih dari satu akun adsense, sampai akun adsense kita terdeteksi oleh google dan dinyatakan sama dengan akun yang lain, kita akan rugi sendiri. Sebaiknya kita cukup punya satu akun adsense saja.

Kita kembali lagi ke topik awal yaitu cara menambahkan situs di akun adsense. Caranya sangat mudah:
Masuk ke akun adsense
1. Klik menu
2. Klik situs
3. Pilih ikhtisar
4. Klik tambahkan situs
5. Ketik nama situs sesuai contoh: bintangklik.com
6. Setelah menambahkan situs, Anda memperoleh kode. Salin kode tersebut dan pasang di blog
7. Terakhir klik selesai
Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini!


Baca: Cara memasang kode html adsense di blog.

Setelah itu status situs menjadi "menyiapkan" dan ada pesan di akun adsense Anda yang berbunyi:

"Menyiapkan situs Anda untuk menampilkan iklan

Proses ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari sehari, namun terkadang bisa lebih lama...dst."

Seperti gambar berikut ini:

Biasanya tidak sampai 1 jam status situs menjadi "Sedang ditinjau" dan pesan di akun adsense itu berubah menjadi:

"Meninjau situs Anda

Kami masih menjalankan beberapa pemeriksaan sebagai bagian dari proses peninjauan. Terkadang peninjauan dapat membutuhkan waktu hingga 14 hari...dst"
Seperti gambar di bawah ini:

Pesan itu artinya kurang lebih, google akan meninjau blog kita dalam waktu 14 hari. Selama waktu itu kita tidak boleh menghapus situs yang sedang ditinjau.

Pengalaman saya selama 3 kali menambahkan situs, kalau situs kita menggunakan TLD (Top Level Domain), kita benar-benar harus menunggu selama 14 hari sedangkan kalau kita menggunakan blog gratis dari blogspot, tidak sampai 24 jam blog kita sudah bisa menampilkan iklan.

Penambahan situs tidak selalu diterima, bisa juga ditolak. Saya pernah ditolak beberapa kali ketika menambahkan blog saya yang gratis.

Bila penambahan situs ditolak, coba lakukan hal-hal berikut:
  1. Semua tombol menu harus berfungsi.
  2. Tidak membuat tombol menu/tombol navigasi dengan nama adsense.
  3. Hapus link yang tidak berfungsi.
  4. Gunakan tema blog yang simple.
  5. Tidak ada postingan yang tersimpan di draf.
  6. Bila postingan di blog sudah banyak, lebih dari 100, kemungkinan besar sampai 14 hari baru diterima.
Dalam pesan penolakan tersebut menjelaskan kalau ada menu blog yang tidak berfungsi. Setelah saya periksa memang benar, ada dua tombol menu di blog saya yang tidak berfungsi. Setelah saya perbaiki, saya tambahkan ulang dan tidak sampai 14 hari (mungkin karena blog gtarisan) sudah diterima dan bisa menampilkan iklan.

Seperti ini bunyi pesannya:

Demikian Cara Menghubungkan Blog dengan Akun Adsense yang Sudah Dimiliki atau bisa dikenal dengan menambahkan situs di akun adsense. Semoga bermanfaat. Amiiin.