-->

Cara Membuat dan Memasang Iklan Link di Blog

Bila ditanya, iklan jenis apa yang paling sering diklik? Saya menjawab "Iklan Link" dengan lantang tanpa ragu.

Apa itu iklan link? Bagaimana bentuknya?  Iklan link adalah iklan yang berbentuk link, tidak ada gambarnya, cuma ada tulisan. Bila iklan itu dilihat dari ponsel ada 5 tumpukan link. Bila dibuka dari leptop atau PC biasanya ada 4 link yang ditata horisontal yang terdiri dari 2 sap. Untuk lebih jelasnya lihat saja, tuh, gambarnya ada di atas postingan ini!

Pada awal-awal saya diterima sebagai penayang iklan google adsense, sangat sedikit pengunjung blog yang mengeklik iklan yang saya pasang. Iklan yang saya pasang adalah iklan gambar dan tulisan. Iklan itu saya pasang di sidebar dan di tengah postingan. Waktu itu sehari cuma ada 2 sampai 5 klik saja. Karena hal itu, pendapatan dari adsense sangat sedikit kadang sehari di bawah IDR 1.000.

Saya pernah lihat postingan di status Whatsaap teman, kebetulan dia juga blogger, yang mengunggah gambar screen shoot laporan adsense. Dari gambar itu saya lihat, dia mendapat ratusan klik untuk iklannya. Langsung saja saya kirim pesan kepada dia, saya tanya, bagaiman cara mendapat klik sebanyak itu. Dia mejawab, iklan yang paling banyak diklik adalah ikan link.

Atas saran tersebut saya buat iklan link dan daya pasang di blog saya. Iklan itu saya letakkan di tengah-tengah postingan. Baru beberapa hari saya pasang, jumlah klik sudah meningkat. Saya lihat dilaporan adsense, memang iklan link lebih banyak diklik pengunjung daripada iklan bentuk lannya.
Ini bukti bahwa iklan link paling sering diklik dari pada iklan-iklan lain yang saya pasang di blog.
Dari gambar di atas bisa diketahui dari beberapa iklan yang terpasang di blog, selama 3 bulan terakhir, iklan yang paling banyak diklik adalah iklan link. Iklan link menghasilkan IDR 127ribu, selisih 93,9ribu atau 73% bila dibanding iklan yang menempati urutan kedua, cukup besar.

Bagaimana cara membuat dan memasang iklan link di blog? Tenang saja, saya akan menuliskan cara-caranya di sini lengkap dengan gambar.
Masuk ke adsense
1. Klik menu
2. Klik Iklan
3. Klik unit iklan
4. Klik + Unit iklan baru
Lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Masuk ke Unit Iklan Baru
5. Klik pilih pada Iklan Teks dan Bergambar
6. Beri nama iklan link yang akan Anda buat
7. Klik disarankan
8. Pilih Iklan Link
9. Simpan dan dapatkan kode.
Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini!

Iklan Link sudah berhasil dibuat, pasang kode iklan tersebut di tempat yang menurut Anda paling baik, bisa di sidebar, bisa di tengah-tengah postingan seperti yang biasa saya lakukan.