-->

Cara Verifikasi Alamat Adsense Menggunakan KTP


Tidak usah khawatir bila PIN dari Adsense tidak datang, masih bisa verifikasi alamat dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan scan KTP.

Menunggu surat berisi PIN Google Adsense memang membuat risau, harap-harap cemas, bingung, malas posting, kurang enak makan, cari cara di google bagaimana agar surat itu cepat datang, cari cara di youtube, download contoh surat dari adsense, dan iri ketika ada blogger atau youtuber yang mengunggah surat itu, dan masih banyak lagi. Rasa risau tersebut membuat kita harus bolak-balik ke kantor POS untuk menanyakan keberadaan surat dari Google tersebut. Apalagi kalau sudah 3 kali request PIN dan sampai bulan ke-3 dimulai dari PIN pertama dikirim, PIN itu tidak datang. Risau serisau-risaunya.

Itu terjadi pada saya. Sampai tulisan ini saya buat, saya belum menerima surat cinta tersebut, sudah hampir 5 bulan terhitung mulai PIN pertama saya request. Baik surat yang pertama, surat kedua, maupun yang ketiga. Menurut pengalaman teman-teman blogger, biasanya surat yang direquest pertama datangnya setelah request yang kedua.


Tapi, alhamdulillah alamat saya sudah diverifikasi oleh google adsense tanpa harus memasukkan PIN yang dikirim lewat POS. Alamat saya diverifikasi menggunakan scan KTP. Dan senangnya lagi rekening bank saya, untuk menerima pembayaran dari google adsense, juga sudah diverifikasi. Untuk mengetahui cara verifikasi alamat google adsense menggunakan scan KTP ikuti cerita saya mulai dari awal sampai akhir berikut ini:

Akhir Januari 2019, saldo adsense saya sudah mencapai batas untuk meminta PIN, saya lupa jumlah tepatnya, yang pasti lebih dari $10 atau sekitar Rp 140.000. Pada waktu itu ada dua notifikasi (pemberitahuan) di akun adsense saya. Pertama, pembayaran ditangguhkan karena saya belum memverifikasi alamat. Kedua, saya harus memverifikasi identitas . Pada notifikasi pertama saya klik “AKSI” muncul pesan:

“Selamat! Penghasilan Anda telah mencapai ambang verifikasi, sehingga kami telah memulai proses memverifikasi akun Anda...dst.” 

Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Pada notifikasi kedua juga saya klik “AKSI”, muncul pesan:

“Anda harus memveri kasi identitas Anda untuk menerima pembayaran. Kirimkan gambar tanda pengenal berfoto yang diterbitkan pemerintah dan yang masih berlaku...dst.”

seperti yang tampak pada gambar di bawah ini

Karena ada perintah seperti di atas, kemudian saya scan KTP menggunakan HP (tulisan dan foto harus jelas, tidak ada pantulan cahaya). KTP yang saya scan, nama dan alamatnya, sama persis dengan akun adsense saya dan masa berlakunya seumur hidup. Setelah saya scan, saya unggah hasil scan KTP tersebut kemudian saya isi kolom nama, alamat 1 dan 2 sesuai KTP, dan saya klik kirim.

Setelah persyaratan verifikasi identitas itu saya kirim dan berhasil, notifikasi di akun adsense saya yang awalnya dua, tinggal satu yaitu notifikasi verifikasi alamat. Notifikasi itu akan hilang bila saya sudah verifikasi alamat dengan memasukkan 6 digit PIN yang dikirim google adsense dengan surat melalui POS. Di keterangan yang tertulis seperti gambar di atas, surat itu akan dikirim melalui POS 3-5 hari setelah tanggal yang tertera di atas (tanggal notifikasi pertama muncul) dan surat dari google adsense tersebut akan sampai ke rumah saya 2-4 minggu setelahnya.

Saya masih ingat, surat google adsense itu dikirim tanggal 31 Januari 2019 dan harusnya sampai ke rumah akhir Februari atau awal Maret. Sampai tanggal 24 Februari 2019 surat itu belum datang. Saya cek di kantor POS di kecamatan saya kata petugas POS surat itu belum ada. Sampai di mana suratnya juga tidak bisa di cek karena surat itu tidak ada resinya. Oleh petugas POS, saya diberi nomor WA kurir POS agar saya bisa menanyakan tentang surat itu kepada kurir itu sewaktu-waktu.

Setelah 20 hari terhitung sejak request PIN pertama, muncul lagi menu request PIN yang kedua. Saya request PIN kedua tanggal 28 Februari 2019. Ketika saya request PIN yang kedua itu, PIN yang pertama belum juga sampai.

20 hari setelah PIN kedua saya request muncul lagi menu request PIN yang ketiga. Saya request PIN ketiga (request terakhir) tanggal 2 April 2019 _Ketika saya request PIN yang ketiga ini, PIN pertama dan kedua belum juga sampai_. Setelah saya request PIN ketiga ada keterangan bahwa jika saya tidak menerima PIN selama 4 minggu harus mengisi formulir. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini!


Seminggu setelah PIN ketiga saya request, PIN pertama dan PIN kedua tidak juga datang, apalagi PIN ketiga. Saya tunggu sampai dua minggu, juga belum datang. Akhirnya saya klik "formulir ini" sesuai pesan yang ada pada gambar di atas. Setelah saya klik, ada 3 pertanyaan yang harus saya jawab dengan jawaban “ya” atau “tidak”. Berikut ini pertanyaannya:
  1. Apakah penghasilan Anda melebihi nilai minimum verifikasi? Saya jawab “ya”
  2. Apakah Anda sudah menerima PIN? Saya jawab “tidak”
  3. Apakah Anda sudah pernah dua kali meminta PIN pengganti? Saya jawab “ya”
Setelah saya jawab semua pertanyaan, ternyata tidak ada balasan apapun dari adsense. Saya sempat beberapa kali mengisi pertanyaan tersebut. Kalau tidak keliru lebih dari dua kali dan tidak ada balasan apapun dari adsense.

20 hari tepat setelah saya request PIN yang ketiga, tepatnya tanggal 23 April 2019, saya klik lagi formulir itu. Ternyata tidak seperti sebelumnya, tidak berisi 3 pertanyaan, melainkan berisi form isian dengan pesan warna merah yang bertuliskan:

“Harap perhatikan bahwa kami tidak dapat memverifikasi PIN Anda secara manual sampai lewat 30 hari sejak kami mengirimkan PIN ketiga Anda melalui POS. Untuk menyelesaikan masalah yang lebih cepat terkait PIN Anda, kami meminta Anda untuk menghubungi kami hanya setelah jangka waktu ini.”

Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini!

 
Saya isi formulir di atas, saya lengkapi dengan scan KTP kemudian saya kirim. Setelah saya kirim saya mendapat pesan yang isinya sebagai berikut:

“Formulir telah dikirim ke Dukungan Adsense.
“Kami akan berusaha mengabari Anda dalam waktu 24 jam jika pertanyaan Anda adalah mengenai akun Anda sendiri dan memerlukan tindakan dari kami. Namun bergantung pada jumlah pesan yang kami terima, kami mungkin membutuhkan waktu hingga 48 jam atau lebih lama untuk memberikan balasan. Terima kasih atas kesabaran Anda.” 

Seperti gambar di bawah ini:


Ternyata tidak sampai 48 jam, hanya sekitar 10 menit, saya mendapat email balasan yang isinya sebagai berikut:

“Pelanggan yang Terhormat,
Terima kasih telah meluangkan waktu untuk menyurati kami tentang PIN Anda. Kami telah memperpanjang batas waktu pengiriman PIN hingga tiga bulan, karena itu Anda dapat melihat iklan yang relevan muncul kembali  setelah kira-kira 48 jam. Kini Anda mempunyai waktu hingga 2019-05-30 untuk mengirim PIN Anda. Setelah waktu tersebut, tampilan iklan di laman Anda akan dihentikan kembali.”

Karena jawaban itu kurang memuaskan, saya klik lagi "formulis ini" saya isi, saya lampirkan scan KTP lagi, kemudian saya kirim. Sekitar 10 menit kemudian saya mendapat email balasan emai sebagai berikut:

“Pelanggan yang Terhormat,
Terima kasih telah meluangkan waktu untuk menyurati kami tentang PIN Anda. Kami telah memperpanjang batas waktu pengiriman PIN hingga tiga bulan, karena itu Anda dapat melihat iklan yang relevan muncul kembali  setelah kira-kira 48 jam. Kini Anda mempunyai waktu hingga 2019-07-22 untuk mengirim PIN Anda. Setelah waktu tersebut, tampilan iklan di laman Anda akan dihentikan kembali.” 

Pesannya hampir sama, cuma ada perbedaan pada tanggal pengiriman PIN (yang saya beri warna merah). Pada pesan yang pertama, waktu untuk mengirim PIN hingga 2019-05-30, sedangkan pada pesan yang kedua hingga 2019-07-22. Ada perpanjangan masa tunggu pengiriman PIN ke adsense.


Hari berikutnya saya isi lagi "formulir ini", siapa tau ada kabar baik. Ternyata benar, setelah saya isi formulir, saya lampiri scan KTP, kemudian saya kirim, kira-kira 10 menit kemudian saya mendapat email balasan yang isinya berbeda dengan email sebelumnya:

“Pelanggan yang terhormat,
Terima kasih karena telah mengirimkan bukti identitas Anda. Kami ingin menyampaikan bahwa hal ini memenuhi persyaratan verifikasi alamat untuk AdSense!
Perlu diketahui bahwa Anda mungkin masih melihat notifikasi penangguhan pembayaran di akun Anda. Yakinlah bahwa PIN Anda telah diverifikasi dan notifikasi tersebut akan hilang dalam 24 - 48 jam."

Alhamdulillah.....! Alamat saya sudah diverifikasi menggunakan scan KTP tanpa harus menunggu surat berisi PIN dari google adsense lagi. Dan sampai tulisan isi saya buat, ketiga surat dari adsense itu tidak pernah saya terima. Tidak apa-apa, yang penting alamat sudah diverifikasi. Tapi dalam hati kecil saya, saya masih berharap surat berisi PIN dari google adsense itu datang. Akan saya foto surat itu untuk story Whatsapp.