-->

Unit Iklan Baru Adsense, "Konten yang sesuai"


Unit iklan baru adsense telah tersedia. Unit iklan tersebut bernama "konten yang sesuai" seperti yang tampak pada gambar di atas. Saya mengetahui iklan ini ada ketika ada notifikasi di akun adsense saya. Dan ketika saya klik notifikasi tersebut bukan hanya ada unit iklan baru, ternyata tampilan adsense ada sedikit perubahan.

Unit iklan "konten yang sesuai" adalah layanan yang disediakan oleh google adsense untuk mempromosikan konten di blog Anda yang relevan kepada pengunjung blog. Layanan ini dapat membantu meningkatkan jumlah tampilan laman blog Anda. Iklan ini seperti menu "related post" namun tersisip beberapa iklan di antara judul-judul yang tampil. Tampilannya seperti gambar di bawah ini:
contoh tampilan unit iklan "konten yang sesuai"
Unit iklan konten yang sesuai dapat diatur sedemikian rupa dan diletakkan dimanapun sesuai keinginan. Namun tidak semua blog dapat menampilkan unit iklan ini. Blog yang dipilih oleh google adsense saja yang bisa menampilkannya karena unit iklan ini hanya untuk blog dengan lalu lintas yang baik dan memiliki jumlah tampilan halaman unik yang minimum. Cara melihat apakah blog Anda memenuhi syarat untuk menampilkan unit iklan konten yang sesuai adalah dengan klik menu drop-down seperti gambar di bawah ini: 

Cara membuat unit iklan konten yang sesuai.
1. Login ke akun AdSense.
2. Klik Iklan.
3. Klik Unit iklan.
4. Pilih Konten yang Sesuai

5. Gunakan drop-down untuk melihat blog yang memenuhi syarat 
6. Beri nama unit konten yang sesuai sesuai selera Anda.
7. Di bagian "Opsi Ikla", aktifkan monetisasi dengan iklan untuk menyisipkan iklan.
8. Di bagian "Gaya", ubah gaya yang sesuai dengan blog Anda.
  • Sebaiknya gunakan tata letak responsif. Tata letak responsif dibedakan berdasarkan lebar penampung dan ukuran layar (misalnya, di seluler, desktop, tablet, dsb.). Anda dapat melihat bagaimana perubahan unit konten yang sesuai di berbagai penampung menggunakan tuas seret di area pratinjau. 
  • Saat menggunakan ukuran khusus, sebaiknya pilih ukuran iklan dengan rasio lebar:tinggi sekitar 2:1 untuk tata letak horizontal, atau 1:2 untuk tata letak vertikal. Sebaiknya jangan gunakan ukuran iklan spanduk tradisional, seperti 728x90 untuk konten yang sesuai. Perhatikan bahwa tinggi atau lebar ukuran kustom Anda tidak boleh melampaui 1.200 piksel, dan hanya 1 dimensi yang boleh lebih besar dari 600 piksel.
9. Di bagian "Ukuran", pilih ukuran iklan yang sesuai dengan tata letak blog Anda.
10. Simpan dan dapatkan kode.
11. Salin dan tempelkan kode iklan tersebut ke kode HTML.

Catatan:
Saat unit iklan konten yang sesuai terpasang di blog Anda, iklan mungkin belum ditayangkan di unit iklan konten yang sesuai. Sabar dulu, tunggu 15 menit sebelum menempatkan kode ini di situs Anda.

Selamat mencoba.